Salah satu tujuan terpenting proses pendidikan khususnya dikelas bawah ialah bagaimana melatih para siswa untuk menjadi pribadi yang mandiri. Artikel ini menjelaskan tentang Implementasi metode pembelajaran discovery learning dalam upaya melatih kemandirian siswa. Penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif, pendekatan studi kasus, serta dengan paradigma naturalistic. Hasil penelitian yang kami dapatkan ialah diterapkannya beberapa upaya seperti, membiasakan para siswa untuk menjadi imam shalat dhuha, dan membiasakan para siswa utnuk melipat pakaian shalatnya sendiri, hingga diberikan buku control untuk berbagai kegiatan dirumah. Dan benar saja, bahwasanya upaya-upaya yang dilakukan terbulang cukup berhasil sehingga bisa melahirkan beberapa manfaat besar bagi para siswa seperti, para siswa yang bisa mempraktekan gerakan shalat dengan baik dan benar, para siswa yang terbiasa merapikan pakaian shalatnya terlebih dahulu tanpa menunggu arahan dari guru-gurunya, dan terbiasanya para siswa untuk melakukan berbagai pekerjaan rumah, atau setidaknya untuk memenuhi kenutuhannya sendiri
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022