RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 8, No 1 (2022)

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING DALAM UPAYA MELATIH KEMANDIRIAN SISWA (STUDI KASUS: SD ALAM AR-ROHMAH KEC. DAU, KAB. MALANG)

Eka Firmansyah (Universitas Muhammadiyah Malang)
Romelah Romelah (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Salah satu tujuan terpenting proses pendidikan khususnya dikelas bawah ialah bagaimana melatih para siswa untuk menjadi pribadi yang mandiri. Artikel ini menjelaskan tentang Implementasi metode pembelajaran discovery learning dalam upaya melatih kemandirian siswa. Penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif, pendekatan studi kasus, serta dengan paradigma naturalistic. Hasil penelitian yang kami dapatkan ialah diterapkannya beberapa upaya seperti, membiasakan para siswa untuk menjadi imam shalat dhuha, dan membiasakan para siswa utnuk melipat pakaian shalatnya sendiri, hingga diberikan buku control untuk berbagai kegiatan dirumah. Dan benar saja, bahwasanya upaya-upaya yang dilakukan terbulang cukup berhasil sehingga bisa melahirkan beberapa manfaat besar bagi para siswa seperti, para siswa yang bisa mempraktekan gerakan shalat dengan baik dan benar, para siswa yang terbiasa merapikan pakaian shalatnya terlebih dahulu tanpa menunggu arahan dari guru-gurunya, dan terbiasanya para siswa untuk melakukan berbagai pekerjaan rumah, atau setidaknya untuk memenuhi kenutuhannya sendiri

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...