RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 8, No 1 (2022)

MODEL PROJECT BASED LEANING (PjBL) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 1 BERAU KALTIM

Samsiadi Samsiadi (UMM)
Romelah Romelah (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan  implementasi pembelajajaran PAI  dengan  model project based leaning (PjBL) dan respon peserta didik terhadap penerapan model PJBL di SMK Negeri 1 Berau. Pendekatan penelitian ini  menggunakan kualitatif dengan jenis Teori Grounded Sedangkan informannya adalah guru PAI dan peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Berau. Teknik pengumpulan data  menggunakan observasi,  wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan verifikasi data.  Penelitian menyebutkan bahwa materi jual beli yang merupakan materi pelajaran  di kelas XI  dilakukan dengan memberikan tugas proyek kepada peserta didik yang diharapkan dapatk meningkatkan kreativitas dan produktifitas peserta didik dalam mengembangkan dan menciptakan peluang usaha, karena produk yang mereka jual adalah produk yang dibuat sendiri sesuai dengan kompetensinya masing-masing, dengan demikian kegiatan akan memotivasi peserta didik untuk membuat kareativitas dan menciptakan hal-hal yang baru yang memiliki nilai jual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tahapan-tahapan (sintaks) pembelajaran PAI dengan model Project Based Learning meliputi membuat pertanyaan mendasar, membuat perencanaan produk, menyusun jadwal kegiatan, memantau perkembangan pembuatan proyek peserta didik, melakukan penialaian dan  melakukan evaluasi pelaksanaan produk yang dibuat oleh peserta didik. (2) Respon peserta didik terhadap tugas yang diberikan sangat positif, peserta didik bersemangat dalam menyelesaikakn  tugas proyek yang diberikan, tugas ini memberikan mereka pengalaman  terutama dalam hal pembuatan produk, pengemasan produk dan pemasaran produk

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...