Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi pembelajajaran PAI dengan model project based leaning (PjBL) dan respon peserta didik terhadap penerapan model PJBL di SMK Negeri 1 Berau. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis Teori Grounded Sedangkan informannya adalah guru PAI dan peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Berau. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan verifikasi data. Penelitian menyebutkan bahwa materi jual beli yang merupakan materi pelajaran di kelas XI dilakukan dengan memberikan tugas proyek kepada peserta didik yang diharapkan dapatk meningkatkan kreativitas dan produktifitas peserta didik dalam mengembangkan dan menciptakan peluang usaha, karena produk yang mereka jual adalah produk yang dibuat sendiri sesuai dengan kompetensinya masing-masing, dengan demikian kegiatan akan memotivasi peserta didik untuk membuat kareativitas dan menciptakan hal-hal yang baru yang memiliki nilai jual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tahapan-tahapan (sintaks) pembelajaran PAI dengan model Project Based Learning meliputi membuat pertanyaan mendasar, membuat perencanaan produk, menyusun jadwal kegiatan, memantau perkembangan pembuatan proyek peserta didik, melakukan penialaian dan melakukan evaluasi pelaksanaan produk yang dibuat oleh peserta didik. (2) Respon peserta didik terhadap tugas yang diberikan sangat positif, peserta didik bersemangat dalam menyelesaikakn tugas proyek yang diberikan, tugas ini memberikan mereka pengalaman terutama dalam hal pembuatan produk, pengemasan produk dan pemasaran produk
Copyrights © 2022