RESEARCH AND DEVELOPMENT JOURNAL OF EDUCATION (RDJE)
Vol 8, No 1 (2022)

ANALISIS PROBLEMATIKA DAN SOLUSI ATAS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Syamsurizal Yazid (Universitas Muhammadiyah Malang)
Eka Firmansyah (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Pendidikan merupakan upaya untuk mewujudkan cita-cita negara. Namun kini globalisasi tidak hanya mencerdaskan kehidupan masyarakat, tetapi telah mengubah fungsi pendidikan di mana generasi harus memperoleh berbagai pengetahuan dan keterampilan serta memiliki moral. Didalam proses pendidikan kita mengenal satu hal penting yang tidak bisa disepelehkan karena perannya yang sangat besar yaitu kegiatan belajar. Yang kegiatan belajar adalah suatu aktivitas yang bertujuan. Selain itu yang sangat berkaitan dengan belajar ini ialah persoalan motivasi, karena Dibalik aktivitas manusia terdapat suatu kondisi tertentu yang menjadi dasar aktivitas tersebut. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan, yaitu dengan mengkaji literature-literatur yang berkaitan dengan problematika motivasi belajar, yang dari kajian ini ditemukan bahwasanya, Jika kita melihat dari pandangan Islam, maka setiap penganutnya dianjurkan mimiliki motivasi belajar yang baik, sehingga demikian itu akan membuat ilmu pengetahuan lebih mudah diperoleh para penganutnya. Mengenai menjaga motivasi anak didik maka guru harus menggairahkan. Dalam kegiatan setiap hari, guru mestinya mampu menghindari hal-hal yang membosankan peserta didiknya. guru harus mampu menyajikan banyak hal yang bisa dipikirkan dan dilaksanakan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

RDJE

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

RDJE: Research and Development Journal of Education (ISSN 2657-1056 for the electronic version and ISSN 2406-9744 for the print version) first published in Oct 2014 is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing articles concerned with ...