Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 19, No 1 (2022)

IMPLEMENTASI GREEN THERAPY PADA ANAK USIA DINI DI SEKOLAH ALAM PURWAKARTA

Risty Justicia (Universitas Pendidikan Indonesia)
Etha Salaza Titiana (Universitas Pendidikan Indonesia)
Hana Fahranaz Fairuz (Universitas Pendidikan Indonesia)
Sinta Lutfianindita (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Artikel ini mengkaji penelitian mengenai pandangan green therapy pada pembelajaran di sekolah alam, latar belakang dari penelitian ini ialah adanya program khas dari sekolah alam yang disebut green therapy. Metode yang digunakan merupakan studi kasus melalui wawancara dengan analisis pada 2 guru di Sekolah Alam Purwakarta. Hasil menunjukkan bahwa green theraphy penting dilakukan karena dapat mendorong anak agar bisa kembali dengan alam dan membuang energi energi negatif dari siswa yang sudah lama berada di rumah akibat pandemi covid 19. Implementasi kegiatan dari green theraphy berupa farming, outbound, belajar bersama alam kunjukan edukatif dan lainnya. Tantangan dalam green theraphy berupa ini perizinan dari orang tua siswa yang khawatir terhadap anaknya, dan perizinan dari pihak masyarakat, dinas pemerintahan. Adapun rekomendasi yang diberikan yaitu pihak sekolah lebih mensosialisasikan kembali kepada orang tau untuk mengedukasi tentang manfaat green theraphy dan penerapan protokol kesehatan yang lebih disiplin.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edukid

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Edukids bertujuan untuk memfasilitasi penyebaran penelitian tentang isu-isu yang berkaitan dengan pendidikan anak usia dini untuk menyelesaikan masalah dalam pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini berisi artikel penelitian yang diproses melalui blind peer review. Jurnal Edukids menerima ...