Literatus
Vol 4 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Internasional Sosial dan Budaya

Kekuatan Pesan Iklan dalam Perancangan Poster Kampanye Sosialisasi Resettlement Warga Kota Intan Jakarta

R.A. Heryani Wahyuningrum (Universitas Trisakti)
Virginia Suryani Setiadi (Universitas Trisakti)
Wegig Murwonugroho (Universitas Trisakti)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2022

Abstract

Relokasi warga yang tinggal di lahan milik PT Kereta Api Indonesia (KAI) yang masih direncanakan oleh pemerintah setempat sebenarnya bertujuan untuk mengembalikan penataan Kawasan Kota Tua yang lebih menarik. Selain itu, revitalisasi atau penataan kembali Kawasan Kota Tua bertujuan untuk menjadikan kawasan tersebut sebagai cagar budaya untuk mengangkat heritage tourism. Namun kurangnya komunikasi yang baik dan informatif menyebabkan warga Jalan Kampung Intan ada kemungkinan merespons secara banal mengenai rencana tersebut. Permasalahan yang dihadapi adanya kemungkinan sosialisasi melalui poster kurang efektif. Tujuan penelitian ini adalah terciptanya strategi sosialisasi program pemerintah kota Jakarta dalam bentuk desain poster yang terintegrasi, komunikatif, efektif, dan kreatif. Selain itu, terciptanya pemilihan elemen visual yang membangun intimasi pemerintah dengan masyarakat.  Penelitian ini dimaksudkan guna menghindari terjadi penolakan hingga terjadinya vandalisme dari warga. Hal ini dikarenakan kekhawatiran jauhnya tempat mata pencaharian, kesulitan moda transportasi, hingga kekhawatiran ketidakmampuan beban sewa tempat tinggal. Metode perancangan desain digunakan adalah design thinking, yang terdiri atas:  empathize, define, ideate, prototype, and testing. Penelitian mendukung program PT KAI dan pemerintah Kota Jakarta dalam mewujudkan green design, liveable space, dan sustainable community untuk terwujudnya green urban environment dan green healty life yang dapat menciptakan Green Jabodetabek. Hasil penelitian berupa rekomendasi materi desain poster sebagai kampanye sosialisasi resettlement untuk warga Kota Intan. Penelitian ini terbatas untuk relokasi Kawasan di kota Intan dengan media sosialisasi dalam media poster. Kebaruan penelitian ini adalah bagaimana membuat desain poster yang dikhususkan untuk masyarakat marginal dalam Kawasan terbatas. Simpulan di dalam penelitian ini menyatakan bahwa: kekuatan pesan melalui ketepatan pemilihan image utama dan permainan kata yang bersahabat. Selain itu diperlukannya informasi yang diolah dalam bentuk info grafik. Tampilan info grafik ini menjadikan media Poster memiliki kekuatan menyampaikan pesan yang dimaknai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Literatus

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Literatus adalah jurnal yang diterbitkan oleh Neolectura, diterbitkan dua kali dalam satu tahun. Literatus adalah media publikasi ilmiah dalam bentuk makalah konseptual dan penelitian lapangan yang terkait dengan bidang kajian sosial dan budaya. Diharapkan Literatus dapat menjadi media bagi ...