Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 3 No. 3 (2022): Journal On Teacher Education

Reformasi Sistem Pendidikan Agama Islam di Indonesia

Yasmansyah Yasmansyah (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Iswantir Iswantir (Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi)
Zulmuqim Zulmuqim (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang sistem pendidikan Islam yang sampai saat ini terus menjadi pembahasan yang menarik di kalangan praktisi pendidikan. Penelitian ini merupakan studi pustaka (library research) yakni penelitian yang bersumber dari bahan kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam hal ini, peneliti melakukan eksplorasi terhadap sejumlah data baik itu data primer maupun data sekunder dengan langkah-langkah sebagai berikut: membaca serta menelaah secara mendalam data primer seperti buku, jurnal, artikel, skripsi, tesis maupun disertasi yang terkait dengan pembahasan reformasi pendidikan Islam di Indonesia. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Perjalanan panjang pendidikan Islam telah memberikan berbagai macam wujud model pendidikan Islam di Indonesia. Dalam hal ini pendidikan Islam juga turut serta dalam pembaharuan sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Maka dapat dikatakan bahwa saat ini pendidikan Islam di Indonesia memberikan dampak yang cukup signifikan dalam hal gejolak pembaharuan serta perubahan arah pendidikan di Indonesia baik dalam ranah ideologis maupun praktis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...