Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 3 No. 3 (2022): Journal On Teacher Education

Studi Komparatif Hasil Belajar BTQ antara Siswa yang Mengikuti TPQ dan Siswa yang Tidak Mengikuti TPQ di Kelas V SD Islamiyah Sekayu

Nurviana Nurviana (Universitas Islam Negeri Raden Fatah)
Yuni Sari A (SD Islamiyah Sekayu)
Saipul Annur (Universitas Islam Negeri Raden Fatah)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai perbandingan hasil belajar Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) antara siswa yang mengikuti Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dan siswa yang tidak mengikuti TPQ di kelas V SD Islamiyah Sekayu. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kuantitatif, metode komparatif dan teknik analisis komparatif bivariat. Rumus statistik yang digunakan adalah Tes “t” (“t” Test). Data didapatkan melalui tes dan wawancara kepada guru BTQ dan siswa sebagai sumber data primer. Sedangkan catatan, laporan dan buku-buku  yang relevan merupakan sumber data sekunder. Hasil penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan (meyakinkan) mengenai hasil belajar siswa yang mengikuti Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dan hasil belajar siswa yang tidak mengikuti Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) pada mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...