Jurnal Abdidas
Vol. 3 No. 3 (2022): June, Pages 355-611

Implementasi Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa di SD Amalyatul Huda Medan

Rani Rahim (Universitas Dharmawangsa)
Rizka Fahruza Siregar (Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia)
Rini Ramadhani (Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia)
Yuan Anisa (Universitas Medan Area)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2022

Abstract

SD Amalyatul Huda Medan adalah salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Sehingga pembelajaran yang selama ini dilakukan membuat siswa kurang tertarik untuk belajar daring di rumah. Siswa kurang tertarik dengan pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama ini. Masih rendahnya minat siswa dalam belajar membuat rendahnya pengetahuan yang dimiliki oleh siswa. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dan juga kemampuan berhitung siswa. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SD Amalyatul Huda Medan. Peserta dalam kegiatan ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 32 orang siswa. Kegiatan ini dilaksanakan secara tatap muka, hal ini dikarenakan siswa sudah melakukan pembelajaran tatap muka terbatas. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 8 November 2021. Kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah implementasi penggunaan bahan ajar berbasis komik dalam pelajaran Matematika sehingga dengan pengimplementasian ini, maka kemampuan berhitung siswa semakin meningkat. Hasil dari kegiatan ini adalah respon siswa sangat baik dan siswa lebih tertarik belajar menggunakan bahan ajar berbasis komik. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa bahan ajar berbasis komik dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa dalam pelajaran Matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abdidas

Publisher

Subject

Education Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The focus and scope of the Abdidas Journal covers the results of research and community service in the field of education and health both conducted by teachers, lecturers, health workers and other independent ...