COUNSENESIA Indonesian Journal of Guidance and Counseling
Vol 3 No 1 (2022): COUNSENESIA 2022

KONSELING INDIVIDUAL DENGAN TEKNIK MOTIVATIONAL INTERVIEWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI PANTI ASUHAN

Melsi Syawitri (Unknown)
Karneli, Yeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Pandemi covid-19 menjadikan pembelajaran yang mulanya dilakukan secara tatap muka beralih pada pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara online. Hal ini menjadikan peran orang tua dinilai paling penting dalam membimbing, mengontrol dan memotivasi anak dalam belajar. Namun kenyataannya terdapat anak yang tidak memperoleh kesempatan untuk mendapatkan pengarahan dan bimbingan secara langsung dari orangtuanya karena mereka menetap di panti asuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peningkatan motivasi belajar anak panti asuhan setelah dilakukannya konseling individual dengan teknik motivational interviewing. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling individual dengan teknik motivational interviewing dapat membantu meningkatkankan motivasi belajar satu orang anak di panti asuhan Pekanbaru

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CIJGC

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal COUNSENESIA Indonesian Journal of Guidance and Counseling adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan Dan Konseling Universitas Tunas Pembangunan Surakarta yang berfokus pada penyebaran dan pengembangan bidang ilmu Bimbingan dan Konseling. Secara spesifik ruang lingkup ...