Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan
Vol. 3 No. 1 (2022): Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA Kuningan

Pengaruh Metode Menyanyi Melalui Ice Breaking Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Badriyatul Hamdiyah, Aam (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2022

Abstract

Kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran IPS di MI Negeri Cirebon masih menggunakan metode tradisional dalam proses belajar mengajar. IPS cenderung monoton dan pembelajaran berdampak pada kondisi kehidupan siswa. Hal ini berarti kurangnya motivasi dan minat siswa dalam pembelajaran IPS. Dalam hal ini peneliti menerapkan metode ice-breaking singing terhadap motivasi belajar siswa, yang bertujuan untuk mengetahui reaksi penggunaan metode bernyanyi dan motivasi belajar siswa, serta menganalisis pengaruh metode ice-breaking singing terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas V MI Negeri Kota Cirebon. Desain Penelitian One Shot Case Study Populasi penelitian ini adalah siswa Kelas IVA, IV B, VA dan VB MI Kota Cirebon yang berjumlah 101 siswa. Sampel kelas VB MI Kota Cirebon yang berjumlah 22 siswa diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling. Hasil analisis uji determinasi nilai R menunjukkan bahwa nilai korelasi antara metode ice-breaking bernyanyi-melalui dengan motivasi belajar siswa adalah 0,767. Nilai R Square merupakan nilai determinasi (kuadrat dari koefisien korelasi 0,767) sebesar 0,588. R square disebut koefisien determinasi, yang dalam hal ini adalah 58,8%. Nilai tersebut dapat diartikan bahwa 58,8% motivasi belajar siswa ditentukan dengan metode Singing Through Ice Breaking, sedangkan sisanya sebesar 41,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan hasil uji regresi memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan t hitung (4,896) lebih besar dari ttabel (2,09302) maka Ho ditolak yang artinya penggunaan metode chanting berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa kelas V/ 2 melewati MI Negeri Kota Cirebon.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jfkip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISA KUNINGAN [p-ISSN 2746-7740 | E-ISSN 2746-2196] adalah jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Islam Al-Ihya Kuningan. Jurnal Fakultas Ilmu Keguruan & Ilmu Pendidikan UNISA KUNINGAN akan menerbitkan artikel ilmiah dalam lingkup ilmu Keguruan & ...