The low skill in speaking Bahasa appropriately has become learning’s problem. To overcome it, there must be a proper way in increasing speaking skill. One proper way is talk show which has been an interesting media. The problem is how to develop student's speaking skill in Bahasathrough talk show? The aim is increasing student's achievement and speaking skill through talk show using descriptive qualitative through classroom action research with communicative approach. The procedure is done in three cycles. The object is class XI IPA-1 SMAN 6 Bandar Lampung, where there are 31 female and 9 male students. The test used is oral test (talk show). The result shows; first, the score is around 71,63 means enough (62,5%), second, 8,69 means good (82,5%), and third, 85,56 means better (100%). Conclucion is, developing students’ speaking skill in Bahasa through talk show can increase students’ skill.Rendahnya keterampilan berbicara yang baik dan benar menjadi permasalahan tersendiri dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan cara yang tepat dalam meningkatkan keterampilan berbicara, misalnya melalui gelar wicara. Oleh karena itu, masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara dalam bahasa Indonesia melalui gelar wicara? Tujuan penelitian ini adalah peningkatan keterampilan siswa dalam berbicara melalui gelar wicara dengan metode peneltian tindakan kelas dan pendekatan komunikatif. Prosedur penelitian sebanyak tiga siklus. Objek penelitian adalah kelas XI IPA-1 SMAN 6 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri atas 31 siswa putri dan 9 siswa putra dengan tes lisan melalui gelar wicara. Hasil penelitian diperoleh rata-rata pada siklus satu 71,63 kategori cukup (62,5%), siklus dua 78,69 kategori baik (82,5%), dan siklus tiga ( 85,56) kategori sangatvbaik (100%). Kesimpulannya keterampilan berbicara dalam bahasa Indonesiavmelalui gelar wicara dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.Kata kunci: gelar wicara, keterampilan berbicara, peningkatan.
Copyrights © 2013