Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya pengetahuan orangtua terhadap pendidikan seksualitas pada anak usia dini. Orangtua menganggap tabu pendidikan seksualitas serta memiliki ketakutan jika pendidikan seksualitas diberikan pada anak sejak dini dapat memicu timbulnya aktivitas seksual pada anak serta berbagai penyimpangan seksual. Tujuan dari penelitian ini terbagi menjadi dua bagian pertama, agar terdeskripsikannya pendidikan seksualitas pada anak usia dini perspektif Yusuf Madani; kedua, agar terdeskripsikannya peran orangtua terhadap pendidikan seskualitas anak usia dini perspektif Yusuf Madani. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif yang bekerja pada tataran analitik dan bersifat perspect emic. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kepustakaan (library research) yang digunakan untuk menyusun konsep dengan analisis isi yang mengacu pada literatur terkait peran orangtua terhadap pendidikan seksualitas anak usia dini, sebagai sumber data primernya. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa pendidikan seksualitas penting untuk diberikan kepada anak sedini mungkin dan yang memiliki peran paling besar dalam memberikan pendidikan seksualitas pada anak usia dini adalah orangtua. Dengan perannya sebagai sebagai pendidik, pengawas, pelatih, pembina, serta fasilitator.
Copyrights © 2022