Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 4 No. 1 (2022): Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Proses Supervisi Direktif, Non-Direktif dan Kolaboratif dalam Meningkatkan Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah

Abdul Jalil (Universitas Negeri Malang)
Deny Setiawan (IAI Sunan Kalijogo Malang)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses supervisi dan menjelaskan kendala direktif, non-direktif dan kolaboratif di MTs. At-Tahririyah Pangpajung Modung Bangkalan. Penelitian ini dilakukan di MTs. At-Tahririyah Pangpajung Modung Bangkalan, informan penelitian ini adalah kepala Madrasah, staf guru sekolah dan beberapa informan lain yang dianggap berkompeten dan relevan untuk memberikan informasi tentang pelaksanaan supervisi direktif dan non-direktif di madrasah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara terstruktur. Teknik analisis data menggunakan tahapan 1) pengumpulan data, (2) kondensasi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di MTs. At-Tahririyah, supervisi direktif, non-direktif dan kolaboratif telah dilakukan dengan baik berdasarkan prototipe guru yang telah diklasifikasikan. Sedangkan secara umum kendala yang dialami selama supervisi masih kurangnya pemahaman guru tentang pentingnya supervisi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Kedua, kurangnya ruang dan waktu khusus dalam pelaksanaan pengawasan sehingga pelaksanaannya tidak begitu optimal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

akad

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Akademika terbit sejak tahun 2019, jurnal ini merupakan jurnal Manajemen Pendidikan Islam yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu-isu yang mencakup kajian tentang pendidikan. Secara berkala Jurnal Akademika akan terbit setiap enam bulan sekali yaitu pada bulan Juni dan ...