Service atas merupakan gerak dasar permainan bolavoli yang dilakukan dengan posisi badan sedikit condong kedepan dengan posisi tangan diatas kepala untuk memukul bola dan menjaga keseimbangan tubuh. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa paham siswa dalam menangkap materi tentang keterampilan gerak dasar service atas bolavoli menggunakan media bola yang dimodifikasi dengan cara menggambarkan atau menjelaskan situasi yang terjadi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen pada dua kelas dengan total siswa sebanyak 40 siswa yang dimana sampel di ambil secara acak atau random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test dengan melakukan service atas, sebelum dilakukan penilaian diberikan pembelajaran selama 4 minggu dengan frekuensi satu minggu satu kali setiap hari Kamis. Gerak dasar permainan bolavoli yang dilakukan adalah service atas berdurasi 90 menit (tiga jam pelajaran) dengan rincian gerakan meliputi pemanasan, gerakan inti, dan pendinginan. Untuk mengetahui pengaruh yang terjadi setelah melakukan pembelajaran data di olah menggunakan uji deskriptif, uji normalitas, dan uji paired sample t test di SPSS. Berdasarkan hasil analisis bahwa Sig < Alpha (0.000 < 0.05) menunjukan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan karena Sig < Alpha, maka dapat disimpulkan bahwa pemberian pembelajaran sesuai indikator service atas permainan bolavoli menggunakan media bola yang dimodifikasi berpengaruh terhadap siswa yang semula tidak bisa melakukan service atas setelah diberikan pembelajaran siswa dapat melakukannya dengan benar sesuai dengan indikator.
Copyrights © 2022