Jurnal Pendidikan dan Kajian Aswaja
Vol. 8 No. 1 (2022): JUNI

Penyesuaian Kurikulum Muadalah Pondok Pesantren di Kabupaten Jember

Moh. Qurtubi (Universitas Islam Jember, Indonesia)
Mohamad Ahyar Ma'arif (Universitas Islam Zainul Hasan Genggong, Indonesia)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2022

Abstract

Pesantren yang tetap mengajarkan diniyah dan mengikuti program kesetaraan yang menggunakan standar kurikulum negara (Kemenag dan Depdiknas) di kalangan pesantren disebut Mu`adahpesantren. Lulusan Pesantren ini setara dengan lulusan MA atau SMA. Proses pemerataan ini diberikan sebagai langkah negara untuk mengakui keberadaan pendidikan di pondok pesantren yang bukan bagian dari sistem pendidikan nasional. Pendidikan berbasis masyarakat, Pendidikan Diniah dan Pesantren salaf bertujuan untuk menciptakan nilai-nilai agama yang berkualitas. Dari beberapa pengamatan bahwa Pondok pesantren mu’adalahh mengadopsi dari kurikulum pondok pesantren Gontor. Pembelajaran di pondok pesantren mu’adalahh menggunakan beberapa metode, yaitu: ceramah, tanya jawab, resitasi, driil dan dikte, diskusi, demonstrasi, dan hafalan. Pondok pesantren mu’adalahh serta media pembelajaran Materi umum seperti buku pedoman, alat tulis dan papan tulis masih digunakan oleh guru. Peserta didik harus memiliki buku pedoman sebagai sumber belajar. Kata Kunci : Kurikulum, Muadalah, Pondok Pesantren

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KYM

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Kajian Aswaja merupakan Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas topic Pendidikan dan Kajian Aswaja. Jurnal Kajian ini di kelola oleh Penerbit UIJ Kyai Mojo ...