ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen usaha kerajinan Gerabah di Desa Pulutan Kecamatan Remboken Kabupaten Minahasa Metode penelitian survey, dengan sampel 60 orang dan teknik yang di gunakan yaitu angket dengan mengunakan teknik accidental sampling dan dokumentasi. Penelitian ini untuk mengetahui (1) Pengaruh kualitas produk tehadap kepuasan konsumen (2) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen (3) Mengetahui secara bersama-sama pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan tehadapa kepuasan konsumen. Hasil penelitian di analisis dengan metode analisis regresi linier berganda. Uji simultan (Uji F). Uji parsial (Uji T). adapun hasil dari penelitian menunjukan (1) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen usaha kerajinan Gerabah di Desa Pulutan sebesar 98,01% dengan jumlah thitung > ttabel = 75,38 > 2,001. (2) kualitas pelayanan berpengaruh posistif dan sugnifikan terhadap kepuasan konsumen usaha kerajinan Gerabah di Desa Pulutan sebesar 98,40% dengan jumlah thitung > ttabel = 94,425 > 2,001. (3) kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen usaha kerajinan Gerabah di Desa Pulutan Kecamatan Remboken Kabupaten Minahasa sebesar 98,60% dengan jumlah thitung > ttabel dengan jumlah = 9,972>3,258 Kata kunci :Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen survey research, with a sample of 60 people and the technique used is a questionnaire using the technique of accidental sampling and documentation. This study is to determine (1) the effect of product quality on consumer satisfaction (2) The effect of service quality on consumer satisfaction (3) Knowing jointly the effect of product quality and service quality on consumer satisfaction. The results of the study were analyzed using multiple linear regression analysis methods. Simultaneous test (F test). Partial test (T test). Adapum results from the research show (1) product quality has a positive and significant effect on consumer satisfaction of the Geraba handicraft business in Pulutan Village by 98.01% with tcount > ttable = 75.38 > 2,001. (2) service quality has a positive and significant effect on consumer satisfaction in the Geraba handicraft business in Pulutan Village by 98.40% with tcount > ttable = 94,425 > 2,001. (3) product quality and service quality have a positive and significant effect on consumer satisfaction in the Geraba handicraft business in Pulutan Village, Remboken District, Minahasa Regency by 98.60% with tcount > ttable with total = 9,972> 3,258 Keywords: Product Quality, Service Quality, Consumer Satisfaction
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020