Di Indonesia pengguna internet Indonesia diperkirakan sebanyak 196,7 juta pengguna pada tahun 2019. Dengan data jumlah pengguna internet di atas dan mudahnya setiap orang memiliki akses internet. maka budaya konsumtif masyarakat juga merebak. Hal ini memunculkan peluang usaha bagi pelaku usaha termasuk UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah). Namun, Pemanfaatan internet untuk aktivitas pemasaran UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) masih terbilang rendah. Kelompok UMKM Srikaton belum memanfaatkan fasilitas internet dengan maksimal dan UMKM desa Srikaton mengalami kesulitan dalam mempromosikan dan menjual produk yang mereka hasilkan, kendala yang di hadapi oleh anggota kelompok UMKM adalah kurangnya pengetahauan dan pemahaman mengenai pemasaran secara online. Pelatihan Pemanfaatan marketplace dalam memasarkan hasil olahan makanan kelompok UMKM Srikaton merupakan pilihan yang tepat untuk dilakukan. Pelatihan ini menggunakan metode ceramah dan pendampingan pada prakteknya sehingga dapat dievaluasi dan dibandingakn dengan hasil sebelumnya, yang telah diketahui mengalami peningkatan penjualan sebanyak 125% perharinya. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada kelompok UMKM bagaimanan memasarakan hasil olahan makanannya melalui marketplace. Di harapkan dengan adanya pelatihan dan pendampingan maka akan meningkatkan penjualan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022