Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 2, No 4 (2014)

KEMAMPUAN MENULIS PERSUASI SISWA KELAS X MA AL FATAH NATAR

M. Burhanudin Robbani (Unknown)
Iqbal Hilal (Unknown)
Eka Sofia Agustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2015

Abstract

This study aims to describe the ability of writing persuasion essay of the first class students at the Senior High School of Al Fatah Natar at the school year 2013/2014. The results showed that (1) the ability of writing persuasion essay is classified as enough with average of 68,4 and interval of 5569; (2) cohesiveness is classified as good with average of 70,9 and interval of 7084, (3) coherence is classified as enough with average of 69,1 and interval of 5569; (4) effectivity is classified as enough with average of 65,2 and interval of 5569; (5) diction is classified as enough with average of 65,4 and interval of 5569; (6) the usages of perfected orthography (EYD) is classified enough with average of 69,5 and interval of 5569.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan persuasi siswa kelas X MA Al Fatah Natar tahun pelajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kemampuan menulis persuasi siswa kelas X MA Al Fatah Natar tahun pelajaran 2013/2014 tergolong cukup karena berada pada interval 5569, yakni de-ngan skor rata-rata 68,4; (2) skor rata-rata aspek kesatuan gagasan (kohesi) 70,9 tergolong baik karena berada pada interval 7084; (3) skor rata-rata kepaduan gagasan (koherensi) 69,1 tergolong cukup karena berada pada interval 5569; (4) skor rata-rata aspek struktur kalimat (efektivitas) 65,2 tergolong cukup karena berada pada interval5569; (5) skor rata-rata aspek pemilihan kata (diksi) 65,4 tergolong cukup karena berada pada interval 5569; (6) skor rata-rata aspek penggunaan ejaan 69,5 tergolong cukup karena berada pada interval 5569.Kata kunci: kemampuan, menulis persuasi, siswa al fatah.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

BINDO1

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra, meliputi linguistik teoritis, linguistik terapan, linguistik lintas disiplin, tradisi lisan, filologi, semiotika, sastra murni, sastra terapan, sastra lintas ...