Pembelajaran fisika memiliki keterkaitan antara konsep yang satu dengan konsep yanglain. Jika ada kesalahan dalam suatu konsep, dapat mempengaruhi pemahaman konsep yang lain sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar yang dicapai siswa. Oleh karenaitu, diperlukkan bantuan untuk mengatasi hal tersebut, misalnya dengan cara memberikantes diagnostik di awal pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahuikelayakan dari produk yang dikembangkan, (2) mengetahui profil miskonsepsi siswa padamateri usaha dan energi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan denganmenggunakan model 4D untuk menghasilkan produk berupa tes diagnostik miskonsepsi padamateri usaha dan energi berbasis Adobe Flash. Uji kelayakan dilakukan melalui uji validitasahli materi, ahli media, praktisi yaitu guru mata pelajaran fisika, serta uji validtas empirikdengan mengambil 9 orang siswa kelas XI. Data diperoleh dengan menggunakan instrumenberupa angket yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskripsi kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tes diagnostik yang dikembangkan berdasarkan penilaianahli materi diperoleh nilai rata-rata 3,66, ahli media diperoleh rata-rata 4,33, guru fisika diperoleh rata-rata 4,06, serta penilaian oleh 9 orang siswa rata-rata menilai 4,22. Seluruhnilai rata-rata menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan berada pada kategori layak.Profil miskonsepsi siswa 9 orang setiap konsep pada materi usaha dan energi dengan ratarata sebesar 41,07%. Urutan konsep yang teridentifikasi miskonsepsi dari yang memiliki persentase tertinggi adalah sebagai berikut: Usaha pada gaya non konservatif (77,7%),Hubungan usaha dengan perubahan energi kinetik (66, 6%), Grafik energi mekanik (55,5%),Hukum Kekekalan Energi Mekanik (44,4%), Hubungan usaha dengan perubahan energi potensial (33,3%), Energi mekanik (22,2 %), Hukum Energi Kekeka lan Energi Mekanik(22,2%), dan Pengertian Usaha (22, 2%)
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022