Pentingnya motivasi belajar dalam konteks pembelajaran online (daring) telah menjadi perhatian utama dalam pendidikan modern. Dalam upaya untuk memahami dan menjaga tingkat motivasi belajar siswa di lingkungan pembelajaran daring, penelitian ini menjelajahi berbagai aspek yang terkait dengan penggunaan media pembelajaran efektif. Khususnya, penelitian ini memfokuskan perhatian pada platform MOODLE dalam mata pelajaran estimasi biaya konstruksi untuk siswa kelas XII. Penelitian ini mengadopsi pendekatan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel terdiri dari 92 siswa dari populasi siswa kelas XII jurusan DPIB SMKN 1 Cirebon yang berjumlah 119 siswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert yang terstruktur. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan platform pembelajaran online MOODLE dinilai positif, sementara tingkat motivasi belajar siswa cenderung menengah Hasil analisis regresi linier menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara peningkatan penggunaan media pembelajaran online dengan peningkatan motivasi belajar siswa. Selain itu, uji signifikansi menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran daring MOODLE memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Secara umum, studi ini mengindikasikan bahwa pemanfaatan MOODLE sebagai media pembelajaran daring berdampak positif pada motivasi belajar siswa dalam konteks mata pelajaran estimasi biaya konstruksi. Oleh karena itu, penelitian ini menekankan pentingnya menerapkan media pembelajaran yang efektif dalam lingkungan pembelajaran online untuk mendukung dan meningkatkan motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2022