Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 1, No 9 (2013)

PEMBELAJARAN MENULIS TANGGAPAN DESKRIPTIF (PANTUN) SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 METRO

Aulia Ika Atika (Unknown)
Nurlaksana Eko Rusminto (Unknown)
Eka Sofia Agustina (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Feb 2014

Abstract

The problem of this research is writing study of descriptive response (poem) at the first year of SMP N 4 Metro.The aim of this research is to describe its learning. The research object is the activities occured in the learning process. This research method is qualitative descriptive by using technique of communication, observation, documentation, and triangulation in data collection.The results showed that the learning plan has been aligned with the 22 indicators from 25 existing indicators. Then for the implementation of learning, teacher and students have carried out 36 indicators of 40 existing indicators.The teacher assessment is to assess the process and assess the result. The conclusions of this research iswriting study of descriptive response (poem) at the first year of SMP N 4 Metro is good.Permasalahan penelitian ini adalah pembelajaran menulis tanggapan deskriptif (pantun) siswa kelas VII SMP Negeri 4 Metro. Tujuan penelitiannya mendeskripsikan pembelajaran tersebut. Objek penelitiannya aktivitas yang ada dalam pembelajaran. Metode penelitiannya, deskriptif kualitatif denganmenggunakan teknikkomunikasi, observasi, dokumentasi, dan triangulasi dalam pengumpulan datanya.Hasil penelitian menunjukkan, perencanaan pembelajaran telah selaras dengan 22 indikator dari 25 indikator yang ada. Selanjutnya pelaksanaan pembelajaran, guru dan peserta didik telah melaksanakan 36 indikator dari 40 indikator yang ada. Penilaian guru yaitu penilaian proses dan penilaian hasil. Simpulan penelitian ini adalah pembelajaran menulis tanggapan deskriptif (pantun) siswa kelas VII SMP Negeri 4 Metro sudah baik.Kata kunci: menulis, pantun, pembelajaran, siswa, tanggapan deskriptif.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

BINDO1

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian bidang pendidikan bahasa dan sastra, meliputi linguistik teoritis, linguistik terapan, linguistik lintas disiplin, tradisi lisan, filologi, semiotika, sastra murni, sastra terapan, sastra lintas ...