Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi terhadap peran guru dalam menstimulasi Bahasa anak di TK Sumber Ceria. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian kualitatif ini diperoleh dari sumber data yang terdiri atas kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, alat yang digunakan adalah pedoman observasi dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa peran guru sebagai: (1) pengajar, (2) pembimbing, (3) motivator dan (4) fasilitator sudah dilaksanakan dengan cukup baik oleh guru. Guru menjelaskan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan dengan ikut melakukan permainan. Guru membimbing anak dengan cara menuntun anak yang masih kesulitan saat pembelajaran. Guru memotivasi anak dengan cara menumbuhkan rasa percaya diri anak. Peran guru sebagai fasilitator yaitu guru memfasilitasi kegiatan belajar anak dengan menyiapkan media pembelajaran seperti boneka tangan untuk bercerita di depan kelas.
Copyrights © 2022