Pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika adalah pendekatan realistik, karena memiliki kelebihan yaitu lebih memberikan pengertian yang jelas kepada siswa tentang keterkaitan matematika dengan kehidupan sehari-hari dan dalam bimbingan guru siswa dapat menyelesaikan masalah matematikanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan bernalar siswa melalui pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Dalam penelitian ini populasinya adalah siswa semester II kelas IV SD Negeri Kecamatan Pacitan. Dalam penelitian ini sebagai sampelnya adalah sebagian dari populasi yang diambil dengan menggunakan teknik Stratified Cluster Random Sampling. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil sebelum dan sesudah menggunakan metode RME (Realistic Mathematic Education). Berdasarkan hasil analisis uji t (paired sample t-test), maka dapat diperoleh hasil bahwa t-hitung lebih besar dari t tabel yaitu 12.078 > 1.68595 dan Sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05 ,maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan ada pengaruh metode RME terhadap pengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa SD se-kecamatan Pacitan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022