Jurnal Impresi Indonesia
Vol. 1 No. 4 (2022): Jurnal Impresi Indonesia

Penerapan Metode Customer Satisfaction Index Terhadap Kepuasan Layanan Pengiriman Barang pada Aplikasi Shopee Indonesia

Ayu Nuriyana (STMIK Borneo Internasional Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia)
Adi Hermawansyah (STMIK Borneo Internasional Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2022

Abstract

Pendahuluan: Penelitian ini berjudul Penerapan Metode Customer satisfaction index terhadap kepuasan layanan pengiriman barang pada aplikasi shopee indonesia. Tujuan: Dimana diketahui bahwa Di Indonesia, belanja secara online telah menjadi pilihan banyak pihak untuk memperoleh barang. Salah satu layanan yang banyak digunakan adalah Aplikasi Shopee. Berdasarkan data yang didapat pada tahun 2021 shopee berada pada peringkat ke-2 diantara aplikasi yang berbasis ecommers dengan total pengguna 127,5 M. Adapun fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah apakah pengguna layanan pengiriman barang pada Aplikasi Shopee merasa puas dengan layanan yang diberikan. Metode: Sampel dalam penelitian ini merupakan penduduk RT 03 Kelurahan sesumpu dengan total sampel 35 orang pengguna aktif shopee dan metode yang digunakan adalah Customer satisfaction index. Hasil: Berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan, terdapat kepentingan atau harapan dengan kategori sangat puas, hal tersebut dapat kita ketahui dari nilai CSI yang diperoleh yaitu sebesar 82,4% berdasarkan tabel Index CSI tergolong sangat baik. Kesimpulan: Hal ini berarti bahwa sebagian besar pengguna aktif shopee di RT 03 merasa sangat puas dengan aplikasi shopee.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jii

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

The Jurnal Impresi Indonesia provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of the journal which can be examined empirically. The journal publishes research articles covering all aspects of social sciences, ranging from management, economics, ...