Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
Vol. 7 No. 2 (2018): Desember

Komparasi Keefektifan antara model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan tipe Snowball Throwing dalam Pembelajaran Geometri Analitik

Mulyono Mulyono (Universitas Muhammadiyah Sorong)
Arie Anang Setyo (Universitas Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eskperimen yang bertujuan membandingkan dua model pembelajaran yaitu Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT dan Model pembelajaran Snowball Throwing serta untuk mengetahui yang lebih efektif untuk diterapkan pada mahasiswa Semester IV University Muhammadiyah Sorong. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa kelas C dan D semester genap tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 4 (empat) kelas. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT mencapai ketuntasan belajar 96,7%, mahasiswa memperoleh nilai minimal 70, nilai rata- rata 78,53 (2) Aktivitas mahasiswa dalam kategori baik yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT selama 4 kali pertemuan sudah dalam kategori baik, (3) respon mahasiswa terhadap model pembelajaran menunjukan respon yang  positif (4) Hasil belajar mahasiswa yang diajar dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Trhowing mencapai ketuntasan belajar 79,3%, mahasiswa memperoleh nilai minimal 70, nilai rata- rata 71,69 (5) Aktivitas mahasiswa dalam kategori baik yang diajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Snowball Trhowing selama 4 kali pertemuan sudah dalam kategori baik, (6) respon mahasiswa terhadap model pembelajaran menunjukan respon cenderung positif. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa model pembelajaran koopertif tipe NHT lebih efektif diterapakan pada mahasiswa semester IV Universitas Muhammadiyah Sorong.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jq

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan (p-ISSN: 2088-3331, e-ISSN: 2655-5603) is published by the LPPM Universitas Muhammadiyah Sorong. This journal focuses on information delivery of scientific research findings conducted by the academic community in particular internal and external of Universitas ...