Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
Vol. 8 No. 2 (2019): Desember

Kombinasi Model Pembelajaran NHT dan Snowball Throwing Untuk Mengembangkan Ketrampilan Abad 21 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sorong

Arie Anang Setyo (Universitas Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2019

Abstract

Penetian ini bertujuan untuk mengatasi rendahnya ketrampilan abad 21 mahasiswa program studi pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Sorong, melalui kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan Snowball Throwing ( NHT&ST),  desain penelitian  menggunakan “One Group Pretest- postest Design”. Intrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan pembelajaran, tes hasil belajar dan angket respons mahasiswa. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan infrensial. Hasil pengamatan Keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas mahasiswa berada pada  rata-rata 3,85 (77%) kategori Sangat baik, dan 3,86 (77%) dengan kategori Baik , data hasil respons mahasiswa dengan rata-rata 4,13 (82%) berada pada kategori sangat setuju (SS). Hasil analisis infrensial dengan uji z satu pihak dengan uji pihak kiri menghasilkan nilai Z hitung (3,6215) > Z tabel ( ), hasil anailis statistik infrensial disimpulkan bahwa pada signifikansi 5%, ketrampilan Abad 21 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sorong dengan menerapkan Kombinasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dan Snowball Throwing (NHT&ST)  tidak kurang dari 60% dari kriteria ideal yang ditetapkan yaitu 60 %.  Berdasarkan hasil statistik deskriptif dan infrensial disimpulkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan Snowball Throwing (NHT&ST)  mampu mengembangkan ketrampilan abad 21 mahasiswa Semester IV Program studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sorong tahun akademik 2018/2019.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jq

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan (p-ISSN: 2088-3331, e-ISSN: 2655-5603) is published by the LPPM Universitas Muhammadiyah Sorong. This journal focuses on information delivery of scientific research findings conducted by the academic community in particular internal and external of Universitas ...