GEARBOX Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Vol. 3 No. 1: Juni 2022

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEERTEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SMK N 1 RATAHAN

Vlandi afay Lumawir (Universitas negeri manado)
Robert Munaiseche (Universitas Negeri Manado)
David Mapaliey (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2022

Abstract

Tujuan utama pada penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh Pengaruh Peer Teaching Terhadap Prestasi Belajar pada peserta didik yang ada di SMK Negeri 1 Ratahan. Pada kesempatan ini peneliti menggunakan pendekatan kuasi eksperiment dengan nonrandomized control-group pretest-posttest design. Untuk menguji perbedaan hipotesis dengan uji t-test untuk data yang berdistribusi normal, Peneliti menggunakan sebagian siswa kelas X Jurusan TKR SMK negeri 1 Ratahan yang berjumlah 30 siswa untuk populasi, sedangkan untuk sampel peneliti membagi dalam dua kelompok yakni kelompok eksperimen 15 siswa dan untuk kelompok kontrol 15 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa terdapat perbandingan antara nilai thitung dan ttabel , dengan perolehan thitung = 4,22 dan ttabel= 2,048. Untuk itu nilai thitung lebih banyak nilainya pada ttabel. Jadi, dikatakan bahwa Ho tidak berpengaruh sedangkan Ha berpengaruh. Maka dari itu pembelajaran Peer Teaching mampu meningkatkan prestasi Belajar pada siswa di SMK Negeri 1 Ratahan khususnya kelas X TKR.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gearbox

Publisher

Subject

Education Engineering Mechanical Engineering Other

Description

The scope of Jurnal Gearbox includes philosophy, learning models, learning methods, curriculum, learning, evaluation, management, and policies on vocational education. In addition, studies in global scope related to technical and vocational education and training areas which become the object of the ...