Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan stocktaking buku perpustakaan di SMP Papua Kasih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik penelitian melibatkan tiga jenis strategi, yakni observasi, wawancara dan pengumpulan dokumen, melalui responden yakni pustakawan, guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengklasifikasian buku perpustakaan disusun dan diberikan kode serta label untuk mempermudah pustakawan menyusun kembali buku-buku yang ada serta memudahkan para pengunjung untuk menemukan buku yang ingin dibaca. Buku yang sudah rusak, dilaporkan ke bagian manajemen sekolah untuk ditindaklanjuti dalam mengajukan pengadaan buku ke yayasan sekolah. Ditemukan hambatan yang dialami pihak sekolah adalah pengelolaan yang masih bersifat manual sehingga pencarian buku yang tersedia masih sering lebih lama. Selain itu, keberadaan jumlah tenaga kepustakaan yang kurang sehingga proses kegiatan penataan koleksi buku menjadi sedikit lebih terlambat.
Copyrights © 2022