Buhuts Al Athfal
Vol 2, No 1 (2022)

DAMPAK PEMBELAJARAN DARING PADA KARAKTER ANAK USIA DINI

Rita Kencana (STAI AULIAURRASYIDIN)
Ali Wardhana Manalu (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Hamzah Al Fansuri Sibolga-Barus)
Sutria Ningrum (STAI Auliaurrasyidin)
Yusnita Yusnita (STAI Auliaurrasyidin)
Lisa Dwi Wijayanti (STAI Auliaurrasyidin)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan guna mengetahui dampak pada pembelajaran daring melalui karakter anak usia dini. Tidak sedikit ditemukan bahwa faktor yang ditimbulkan dari pembelajaran daring dapat menentukan macam-macam karakter anak usia dini yang berbeda. Mulai dari sikap kecanduan anak berlama-lama bermain, terutama pada gadget dan tidak fokus pada pembelajaran. Hal ini disebabkan proses yang tidak efektif dari pembelajaran daring. Namun, ada juga dampak yang baik dari adanya pembelajaran daring ini, salah satunya anak usia dini sejak saat ini dapat berpartisipasi dalam kegiatan belajar dari mana saja. Serta anak usia dini bisa leluasa melakukan belajar kapan saja dengan mengulang materi yang telah dipelajari karena adanya gadget yang menyimpan data yang telah dipelajari. Maka, karakter anak usia dini juga harus diperhatikan selama proses pembelajaran daring itu dilakukan. Guna meminimalisir pengaruh negatif yang mungkin akan terserap oleh anak. Dari kemudahan mengakses sumber-sumber pembelajaran justru anak juga mudah mengakses hal-hal di luar batasan. Untuk itu guru sangat ditekankan untuk lebih konsisten dalam mengajarkan anak usia dini, serta peran orang tua juga sangat dibutuhkan untuk selalu memperhatikan gerak anak selama proses itu. Penelitian ini mengukur pada semua aspek dari dampak pembelajaran daring, yaitu: positif dan negatif. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alathfal

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Health Professions Public Health

Description

Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini adalah penelitian, kajian dan analisis yang berkaitan dengan PAUD meliputi; pengembangan nilai moral dan agama, perkembangan fisik motorik, perkembangan sosial emosional, perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan artistik dan kreatif, ...