Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 5, No 2 (2022): September 2022

Pengaruh Volume Substrat Terhadap Kerja Enzim Katalase Menggunakan Respirometer Ganong Sebagai Rekonstruksi Desain Kegiatan Praktikum Siswa

Dita Amalia (Universitas Pendidikan Biologi)
Nisrina Nur Rahmi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Nor Hidayati (Universitas Pendidikan Indonesia)
Rina Oktaviana (Universitas Pendidikan Indonesia)
Zevira Fransisca Aurora (Universitas Pendidikan Indonesia)
Bambang Supriatno (Universitas Pendidikan Indonesia)
Sri Anggraeni (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2022

Abstract

Praktikum menguji enzim katalase di sekolah menggunakan tabung reaksi masih bersifat kualitatif dalam mengukur tekanan dari reaksi yang dihasilkan substrat dan enzim menghasilkan gelembung. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan respirometer ganong untuk melihat pengukuran bersifat kuantitatif pada tekanan oksigen yang dihasilkan dan lamanya nyala bara api. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan melakukan praktikum enzim menggunakan respirometer ganong serta melakukan analisis sesuai dengan indikator Novak Gowin yang terdiri atas tiga komponen yaitu: 1) relevansi, 2) kompetensi, dan 3) konstruksi. Berdasarkan hasil yang didapatkan terdapat adanya perubahan terhadap jumlah substrat dengan tekanan oksigen yang dihasilkan dan lamanya bara api yang menyala. Pada perbedaan jumlah substrat membuktikan bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja reaksi enzim katalase adalah jumlah substrat. Substrat pada reaksi enzim memiliki senyawa hidrogen peroksida () yang bersifat racun. Banyak dan sedikitnya senyawa hidrogen pada penelitian ini sangat mempengaruhi kinerja enzim katalase. Terjadinya reaksi antara  dan katalase dapat diuraikan menjadi air dan oksigen yang tidak berbahaya dengan ditandai timbunya gelembung dan nyala bara api apabila dibakar.substrat, respirometer ganong, enzim katalase, praktikum

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...