Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model Project Based materi teks menulis anekdot berbasis kearifan lokal di SMA. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas X. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan model Project Based Learning (PJBL) materi teks menulis anekdot. Analisis ini menggunakan jenis penelitian kualitatif fenomenologi. Metode kualitatif fenomenologi digunakan untuk menjelaskan pelaksanaan model pembelajaran pada materi teks anekdot. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan model Project Based Learning berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat ditempuh melalui kegiatan; (1) Penentuan pertanyaan mendasar. (2) Mendesain perencanaan proyek (3) Menyusun jadwal (4) Memonitor siswa dan kemajuan proyek (5) Publikasi dan menguji hasil (6) Evaluasi serta mendeskripsikan hubungan antara model Project Based Learning berbasis kearifan lokal pada teks anekdot. Kata Kunci: Teks Anekdot, Model Project Based Learning, Kearifan Lokal.
Copyrights © 2022