EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA
Vol 7, No 2 (2022): Eksakta : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA

PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS X SMA NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN

Lubis, Jumaita Nopriani (Unknown)
Samsidar, Samsidar (Unknown)
Pelangi, Herman (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan; 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah di kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan; 3) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran berbasis masalah di kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 105 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling terpilih dua kelas yaitu kelas X Mia 1 sebagai kelas eksperimen I dan kelas  X Mia 2 sebagai kelas eksperimen II. Data yang diperoleh dari posttest dengan 4 butir soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Data dianalisis secara deskriptif dan dan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tergolong tinggi dilihat dari nilai rata-rata hasil posttes yaitu 75,24. 2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalh tergolong sedang dilihat dari nilai rata-rata hasil posttes yaitu 65,00. 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran berbasis masalah di kelas X SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji-t, diperoleh nilai thitung  ttabel atau 2,227   2,021.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

eksakta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Eksakta diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Pendidikan di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Jurnal Eksakta memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu isu yang relevan dalam bidang ...