Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 2 (2022): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022

Pengembangan E-modul Matematika pada Materi Barisan dan Deret Berbantuan Smart App Creator untuk Siswa SMA/SMK

Nova Alpiani (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Aan Subhan Pamungkas (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Jaenudin jaenudin (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2022

Abstract

Perkembangan teknologi telah menuntut guru untuk lebih berinovasi dalam proses pembelajaran. Dengan itu perlu adanya media pembelajaran yang tidak terbatas untuk dipelajari disekolah yaitu berupa E-modul pembelajaran agar siswa dapat belajar kapan saja dan dimana saja. Untuk itu peneliti akan mengembangkan aplikasi pembelajaran materi barisan dan deret kelas XI SMA/SMK. Jenis penelitian yang digunakan yaitu R&D dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develovment, Implementation, dan Evaluation). Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu 25 siswa SMK Nurul Huda. Instrumen yang digunakan yaitu penyebaran angket dan tes evaluasi berupa soal uraian. Hasil yang diperoleh dari ahli materi 90,95% dan ahli media 90,28% dari kedua ahli tersebut diperoleh kategori sangat valid. Kemudian, hasil keperaktisan setelah menggunakan E-Modul menurut respon siswa diperoleh 84,82% dengan kategori sangat baik dan tes hasil belajar yang dilakukan oleh 25 siswa memperoleh nilai rata-rata 77,4 dengan kategori baik dan persentase klasikal 76%. Sehingga E-Modul pembelajaran dengan berbantuan Smart App Creator yang menghasilkan aplikasi android layak, praktis, dan efektif digunakan pada proses pembelajaran di SMA/SMK.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...