Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Budaya Organisasi Dalam Menunjang Pembelajaran Muhadatsah Di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi (Studi Fenomenologi Terhadap HIMPBA)

Tuti Hardianti Hasibuan (Universitas Jambi)
Eva Iryani (Universitas Jambi)
Friscilla Wulan Tersta (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memahami pengalaman hidup pengurus selama proses Organisasi HIMPBA terhadap hambatan-hambatan yang muncul dan upaya-upaya yang akan dilakukan ke depan untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Sejak April hingga Mei 2022, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi melakukan penelitian ini. Survei, wawancara, dan kelompok fokus semuanya berperan dalam pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Pendekatan fenomenologis digunakan dalam jenis penelitian ini. Manajemen Organisasi HIMPBA UNJA 2018-2019 menyediakan data untuk penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman yang di alami oleh pengurus selama berorganisasi di HIMPBA UNJA. Apa yang menjadikan kendala dalam program kerja ntuk menunjang pembelajaran muhadatsah dan apa saja upaya yang nantinya akan dilakukan di lihat dari berbagai pengalaman hidup yang telah di alami oleh pengurus HIMPBA UNJA periode 2018-2019. Adanya faktor internal, kurangnya evaluasi kinerja, serta tidak adanya dukungan dari pihak dosen menyebabkan sebuah program kerja yang telah berjalan berhenti tanpa adanya tindak lanjut dari pengurus HIMPBA itu sendiri. Dari hasil penelitian ini tentunya Implikasi dan strategi bagi para pengurus HIMPBA kedepan dan para Dosen yang berhubungan dengan mahasiswa dalam menunjang Pembelajaran Muhadatsah Bahasa Arab di Program Studi akann dibahas dalam Skripsi ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...