Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 138 Palembang

Ike Sasmita (Universitas PGRI Palembang)
Nora Surmilasari (Universitas PGRI Palembang)
Arief Kuswidyanarko (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe learning together terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 138 Palembang. Populasi peneli tian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 138 Palembang sebanyak 4 kelas yang berjumlah 102 siswa, diambil sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas IV.B sebagai kelas eksperimen sebanyak 26 siswa dan kelas IV.C sebanyak 25 siswa sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah eksperimen. Desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t (Independent Sample T Test). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 7,710 sedangkan ttabel dengan df 49 dengan taraf 0,05 maka ttabel = 1,676. Jadi dinyatakan bahwa thitung > ttabel = 7,710 > 1,676 sehingga thitung dinyatakan signifikan dimana HO ditolak dan Ha diterima. maka kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe learning together terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 138 Palembang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...