Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif dalam berhitung permulaan anak dengan menggunakan media kartu bergambar dan untuk peningkatan aktivitas guru dan anak pada kegiatan kemampuan kognitif dalam berhitung permulaan anak dengan menggunakan media kartu bergambar pada kelompok A di PAUD Pesisir Anak Nelayan. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Pesisir Anak Nelayan, Peudada, Kabupaten Bireuen dengan sampel penelitian anak kelompok A yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat reflektif. Instrumen penelitian berupa unjuk kerja yang dikaitkan dengan penjelasan rubrik penilaian dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, media kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam berhitung permulaan pada anak. Kedua, media kartu bergambar dapat meningkatkan aktivitas guru dan anak dalam proses pembelajaran kemampuan kognitif dalam berhitung permulaan pada anak. Oleh karena itu, media ini dapat direkomendasikan untuk diterapkan dalam aktivitas berhitung permulaan di Taman Kanak-kanak (TK).
Copyrights © 2022