cover
Contact Name
Rudy Juli Saputra
Contact Email
jupeguaud.almuslim@gmail.com
Phone
+6285277749886
Journal Mail Official
jupeguaud.almuslim@gmail.com
Editorial Address
Program Studi PG-PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan FKIP, Universitas Almuslim (Kampus Timur) Jl. Almuslim Matanggumpangdua, Bireuen-Aceh, 24261
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
JUPEGU–AUD : Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Published by Universitas Almuslim
ISSN : 27215830     EISSN : 27218872     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim. JUPEGU-AUD memuat artikel-artikel hasil penelitian dosen, guru mahasiswa dan para peneliti yang ditulis dalam Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. JUPEGU-AUD terbit setahun 2 (dua) kali yaitu bulan Maret dan September. Setiap artikel yang disubmit harus mengikuti template yang disediakan, dan ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik sesuai EYD atau bahasa Inggris serta harus sesuai dengan Focus & Scope jurnal. Editor akan melakukan Screaning Plagiarisme sebelum menugaskan reviewer untuk melakukan proses review. Jika artikel Anda dinyatakan diterima maka akan masuk ke tahap editing, layout, dan finalisasi artikel.
Articles 30 Documents
Penggunaan Media Stik Es Krim Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini Di TKS Tiga Serangkai Geulumpang Sulu Timur Nurhayati Nurhayati; Muhammad Kharizmi
Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)
Publisher : Pendidikan PG-PAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Meningkatkan Kemampuan Mengenal konsep bilangan Melalui Media stik es krim Pada anak usia dini kelompok B Usia 5-6 Tahun Di TK Tiga Serangkai Geulumpang Sulu Timur Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah Anak kelompok B di TK Tiga Serangkai Geulumpang Sulu Timur yang berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi (pengamatan), catatan lapangan dan angket. mPada kondisi awal anak yang Mulai Berkembang dengan nilai Cukup hanya 31%, kemudian pada siklus I anak mulai Berkembang Sesuai Harapan dengan nilai Baik berhasil mencapai 62% dan pada siklus II mengalami perbaikan, anak sudah Berkembang Sesuai Harapan dengan Baik dan Berkembang Sangat Baik sampai 85%. Dengan demikian terjadi peningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan amelalui media stik es krim pada kelompok B di TK Tiga Serangkai Geulumpang Sulu Timur.
Penggunaan Media Pembelajaran Melalui Kegiatan Morance Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Marlinda Marlinda; Hambali Hambali
Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)
Publisher : Pendidikan PG-PAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan meronce menggunakan media pembelajaran pada kelompok A (4-5 tahun) di TK Negeri Pembina Blang Mangat Kecamatan Blang Mangat. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Model penelitian PTK. Subjek penelitian ini yaitu anak Kelompok A (4-5 tahun) di TK Negeri Pembina Blang Mangat Kecamatan Blang Mangat, sejumlah 16 anak. Objek penelitian adalah meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Pengumpulan data akan dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan meronce yang dilakukan dengan meronce menggunakan berbagai media yang dilakukan berulang-ulang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Peningkatan dapat dilihat pada hasil penelitian untuk kondisi pra tindakan dilihat dari segi kecermatan (47,9%) dari segi kecepatan (43,7%). Setelah dilakukan penelitian pada siklus I hasil kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan morence dengan berbagai media mengalami peningkatan, yang dapat dilihat dari segi kecermatan (56,2%) dari segi kecepatan (58,5%), Pada siklus II meningkat dari pertemuan sebelumnya segi kecermatan (87,5%) dari segi kecepatan (85,4%), sehingga penelitian ini dihentikan karena sudah memenuhi kriteria indikator keberhasilan.
Penggunaan Media Balok Dalam Berhitung Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B Di TK Almanar Peusangan Berliantika Putri Aswir; Nasriati Muhammad Ali
Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)
Publisher : Pendidikan PG-PAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media balok angka yang dapat membantu anak untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam berhitung melalui media balok angka pada anak kelompok B TK Almanar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus dan yang menjadi sumber data yaitu 19 anak kelompok B di TK Almanar. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanan, observasi, dan refleksi. Data dianalisis dengan metode kualitatif, keberhasilan hasil tes akhir siklus I diperoleh data bahwa anak yang tuntas sebanyak 11 anak dengan persentase hanya mencapai 57,89%. Kemudian untuk hasil tes akhir unjuk kerja anak siklus II diperoleh data bahwa anak yang tuntas meningkat sebanyak 18 anak dengan persentase 94,74%. Setelah dihitung persentase maka keberhasilan tes akhir unjuk kerja anak siklus II dinyatakan tuntas sesuai dengan kriteria skor persentase keberhasilan ≥80%. Hasil analisis observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor persentase yaitu 71,36% pada taraf kriteria ”Baik”, dan meningkat di siklus ke II dengan skor 85,45% taraf kriteria”Sangat Baik”. Pada hasil observasi aktivitas anak siklus I mencapai 60,91% hasil tersebut menunjukkan taraf kriteria ”Cukup”, dan meningkat di siklus ke II menjadi 82,73% taraf kriteria ”Sangat Baik”. Dengan demikian proses pembelajaran kemampuan kognitif dalam berhitung melalui media balok angka pada kelompok B di TK Almanar dapat di tingkatkan sesesuai kriteria ketuntasan.
Mengenal Warna Melalui Permainan Klasifikasi Mampu Meningkatkan Kemampuan Kognitif Di TK Al-Bayhaqi Lhokseumawe Eva Yanti; Rahma Rahma
Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)
Publisher : Pendidikan PG-PAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal warna melalui permainan klasifikasi pada kelompok B (5-6) Tahun TK Al-Bayhaqi Kota Lhokseumawe. Dengan kegiatan permainan klasifikasi adanya keterlibatan anak secara langsung sehingga anak memperoleh pengalaman langsung dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif. Subjek pada penelitian ini adalah anak di kelompok B berjumlah 18 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas anak meningkat sangat baik, untuk aktivitas guru pada siklus I mencapai 72,15% meningkat di siklus II menjadi 87,58%. Selanjutnya untuk observasi aktivitas anak siklus I mencapai 70% meningkat menjadi 88,14%. Adapun proses pembelajarannya anak diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan permainan klasifikasi dengan berbagai benda berwarna yang menarik untuk anak. Hasil penelitian meningkat secara bertahap, hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi pada Pratindakan, Siklus I dan Siklus II. Rata-rata perolehan persentase pada Pratindakan yaitu 66,67%, meningkat di Siklus I dengan persentase 72,22% dan meningkat mencapai 88,88% pada Siklus II.
Upaya Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menjahit Di TKN Pembina Muara Batu Fauzah Fauzah; Fauziatul Halim
Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)
Publisher : Pendidikan PG-PAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan menjahit pada kelompok B TKN Pembina Muara Batu. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas dan yang menjadi subjek penelitian yaitu 15 anak kelompok B di TKN Pembina Muara Batu. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa unjuk kerja yang dikaitkan dengan penjelasan rubrik penilaian dan obeservasi. Selanjutnya dianalisis dengan metode kualitatif. Keberhasilan hasil tes akhir unjuk kerja anak yang tuntas di siklus I yaitu 7 anak dengan persentase 47% dan meningkat di siklus ke II anak yang tuntas mencapai 13 anak dengan persentase 87%. Setelah dihitung persentase maka keberhasilan tes akhir unjuk kerja anak siklus II dinyatakan behasil dikarenakan sesuai dengan kriteria indikator penelitian dikatakan berhasil apabila ≥80% dari jumlah anak mendapatkan nilai minimum berkembang sesuai dengan harapan pada akhir tindakan. Hasil analisis observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor persentase yaitu 75% taraf keberhasilan kriteria ”Baik”, dan meningkat di siklus ke II dengan skor 90% taraf keberhasilan kriteria ”Sangat Baik”. Pada hasil observasi aktivitas anak siklus I mencapai 55% hasil tersebut menunjukkan taraf keberhasilan kriteria ”Cukup”, dan meningkat di siklus ke II menjadi 86% taraf keberhasilan kriteria “Sangat Baik”. Dengan demikian melalui kegiatan menjahit dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak pada kelompok B TKN Pembina Muara Batu Kabupaten Aceh Utara.
Upaya Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Di TK Al-Kautsar Kabupaten Bireuen Cut Ratnawati; Muhammad Kharizmi
Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)
Publisher : Pendidikan PG-PAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan kolase. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dan yang menjadi sumber data penelitian adalah anak kelompok B di TK Al Kautsar sebanyak 13 anak. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa unjuk kerja yang dikaitkan dengan penjelasan rubrik penilaian dan obeservasi. Selanjutnya dianalisis dengan metode kualitatif. Adapun keberhasilan hasil akhir unjuk kerja anak siklus I mencapai 6 anak yang berkembang sesuai harapan dengan persentase 46%, mengalami peningkatan di siklus II mencapai 12 orang anak berkembang sesuai harapan dengan persentase 92%, berdasarkan hasil tes akhir siklus II menunjukan hasil belajar anak sudah tuntas dikarenakan penelitian dikatakan berhasil apabila ≥80% dari jumlah anak mendapatkan nilai berkembang sesuai harapan. Hasil akhir observasi terhadapa aktivitas guru siklus I dengan skor 72% pada taraf keberhasilan “Baik” dan meningkat di siklu II dengan skor 95 pada taraf keberhasilan “Sangat Baik”. Sedangkan hasil akhir observasi terhadapa aktivita anak siklus I dengan skor 54% pada taraf keberhasilan “Cukup” dan meningkan di siklus II dengan skor 86% pada taraf keberhasilan “Sangat Baik”. Dengan demikian proses pembelajaran keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan kolase pada kelompok B di TK Al Kautsar telah tuntas dan terjadi peningkatan sesuai dengan yang di harapan dan tuntas sesuai dengan kriteria yang ditentukan.
Upaya Peningkatkan Kemampuan Fisik Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Engklek Pada Kelompok B (5-6 Tahun) Di TK Islam Terpadu Azkiya Kota Juang Kabupaten Bireuen Fitriani Fitriani; Rudy Juli Saputra
Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)
Publisher : Pendidikan PG-PAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan fisik motorik kasar anak dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar anak adalah dengan permainan tradisional engklek. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar melalui permainan tradisional engklek pada kelompok B (5-6 Tahun) di TK Islam Terpadu Azkiya. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa unjuk kerja yang dikaitkan dengan penjelasan rubrik penilaian dan obeservasi. Selanjutnya dianalisis dengan metode kualitatif. Keberhasilan hasil tes akhir unjuk kerja anak yang tuntas di siklus I yaitu 5 anak dengan persentase 25% dan meningkat di siklus ke II anak yang tuntas mencapai 17 anak dengan persentase 85%. Setelah dihitung persentase maka keberhasilan tes akhir unjuk kerja anak siklus II dinyatakan tuntas dikarenakan sudah mencapai indikator yang ditentukan yaitu ≥80%. Hasil analisis observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor persentase yaitu 76% taraf keberhasilan kriteria”Baik”, dan meningkat di siklus ke II dengan skor 89% taraf keberhasilan kriteria”Sangat Baik”. Pada hasil observasi aktivitas anak siklus I mencapai 55%, hasil tersebut menunjukkan taraf keberhasilan kriteria ”Cukup”, dan meningkat di siklus ke II menjadi 87% taraf keberhasilan kriteria “Sangat Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan permainan tradisional engklek dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar anak pada kelompok B (5-6 Tahun) di TK Islam Terpadu Azkiya Kota Juang Kabupaten Bireuen
Upaya Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Anak Melalui Media Plastisin Pada Kelompok A (4-5) Tahun Di TK Srikandi Kota Lhokseumawe Jannaton Jannaton; Hambali Hambali
Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)
Publisher : Pendidikan PG-PAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas anak dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kreatifitas anak dengan menggunakan media plastisin. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kreativitas anak melalui media plastisin pada kelompok A (4-5 tahun) di TK Srikandi. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Sumber data anak kelompok A (4-5 tahun) di TK Srikandi berjumlah 21 anak. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa unjuk kerja yang dikaitkan dengan penjelasan rubrik penilaian dan obeservasi. Selanjutnya dianalisis dengan metode kualitatif. Keberhasilan hasil tes akhir unjuk kerja anak yang tuntas di siklus I yaitu 52% dan meningkat di siklus ke II 86%. Setelah dihitung persentase maka keberhasilan tes akhir unjuk kerja anak siklus II dinyatakan tuntas sesuai dengan kriteria yang dihasilkan anak mendapat skor ≥80% dari jumlah anak yang berkembang sesuai harapan dari kemampuan kreativitas melalui media plastisin. Hasil analisis observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor persentase yaitu 75% taraf keberhasilan kriteria ”Baik”, dan meningkat di siklus ke II dengan skor 91% taraf keberhasilan kriteria ”Sangat Baik”. Pada hasil observasi aktivitas anak siklus I mencapai 63% hasil tersebut menunjukkan taraf keberhasilan kriteria ”Baik”, dan meningkat di siklus ke II menjadi 86% taraf keberhasilan kriteria “Sangat Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui media plastisin dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak pada kelompok A (4-5 tahun) di TK Srikandi Kota Lhokseumawe.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Dalam Berbicara Melalui Kegiatan Bercerita Pada Kelompok B Di TK Negeri Pembina Sawang Nasra Nasra; Berliantika Putri Aswir
Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol. 1 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)
Publisher : Pendidikan PG-PAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak dalam berbicara melalui kegiatan bercerita. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus dan yang menjadi sumber data yaitu 20 anak. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa unjuk kerja yang dikaitkan dengan penjelasan rubrik penilaian dan obeservasi. Selanjutnya dianalisis dengan metode kualitatif. Keberhasilan hasil tes akhir unjuk kerja anak siklus I diperoleh data bahwa anak yang tuntas sebanyak 13 anak dengan persentase hanya mencapai 65%. Kemudian untuk hasil tes akhir unjuk kerja anak siklus II diperoleh data bahwa anak yang tuntas sebanyak 17 anak dengan persentase 85%. Setelah dihitung persentase maka keberhasilan tes akhir unjuk kerja anak siklus II dinyatakan tuntas sesuai dengan kriteria skor persentase keberhasilan ≥80%. Hasil analisis observasi aktivitas guru siklus I diperoleh skor persentase yaitu 71% taraf keberhasilan kriteria”Baik”, dan meningkat di siklus ke II yaitu dengan skor 94% taraf keberhasilan kriteria”Sangat Baik”. Pada hasil observasi aktivitas anak siklus I mencapai 54%. Hasil tersebut menunjukkan taraf keberhasilan kriteria”Cukup”, dan meningkat di siklus ke II menjadi 85% taraf keberhasilan kriteria” Sangat Baik”. Dengan demikian proses pembelajaran berbahasa dalam berbicara serta aktivitas guru dan anak dapat ditingkatkan melalui kegiatan bercerita pada kelompok B (5-6 tahun) di TK Negeri Pembina Sawang.
Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Dalam Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Kelompok B (5-6 Tahun) Di TK Ruhul Fata Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen Nurlaili Nurlaili; Riswandi Riswandi
Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini Vol. 2 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini (JUPEGU-AUD)
Publisher : Pendidikan PG-PAUD

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bahasa dalam berbicara dan meningkatkan aktivitas guru dan anak melalui bermain peran. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan yang menjadi subjek penelitian yaitu anak kelompok B di TK Ruhul Fata yang berjumlah 15 anak. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa unjuk kerja yang dikaitkan dengan penjelasan rubrik penilaian dan obeservasi. Selanjutnya dianalisis dengan metode kualitatif, adapun hasil tes akhir siklus I terhadap unjuk kerja anak mencapai 8 orang anak dengan persentase 53,33% anak yang berkembang sesuai harapan, dan meningkat di di siklus yang kedua menjadi 13 anak dengan persentase 86,67%, sesuai dengan kriteria yang ditetapkan yaitu keberhasilan anak jika ≥80% dari jumlah anak mendapatkan nilai Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dengan demikian hasil unjuk kerja anak pada siklus II dinyatakan berhasil. Berdasarkan aktivitas guru dan anak dalam pembelajaran tes akhir siklus I maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru memperoleh hasil akhir dengan persentase 74,44% taraf keberhasilan proses pembelajaran dikatakan “Cukup” dan meningkat di siklus yang kedua menjadi 89,44% taraf keberhasilan proses pembelajaran dikatakan “Baik”. Dan aktivitas anak memperoleh hasil akhir pada siklus I dengan persentase 70,00% taraf keberhasilan proses pembelajaran dikatakan “Cukup” dan meningkat di siklus yang kedua menjadi 87,22% taraf keberhasilan proses pembelajaran dikatakan “Baik”. Dengan demikian proses pembelajaran kemampuan bahasa dalam berbicara melalui metode bermain peran pada kelompok B di TK Ruhul Fata dapat di tingkatkan.

Page 1 of 3 | Total Record : 30