Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 2 No. 2 (2021): Mei

Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar

Gunawan, I Kadek Adi (Unknown)
Rati, Ni Wayan (Unknown)
Sudatha, I Gde Wawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2022

Abstract

Hasil belajar IPA siswa masih belum optimal dikarenakan model pembelajaran yang diterapkan belum inovatif. Hal tersebut melatarbelakangi dilaksanakannya penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan non equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 138 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling, dan diperoleh 56 siswa sebagai sampel penelitian. Data hasil belajar IPA dikumpulkan menggunakan instrumen tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung sebesar 2,44 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% dan db = 54 adalah 2,004. Hal ini berarti thitung lebih besar dari ttabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL). Dari hasil uji-t tersebut dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD, sehingga model Problem Based Learning (PBL) dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...