Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol. 1 No. 1 (2018): Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 110 TALLUBORONGNA

zatman payung (Universitas Kristen Indonesia Toraja)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2018

Abstract

Matematika realistik adalah suatu teori tentang pembelajaran matematika yang menjadikan matematika lebih real kepada siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan di SDN 110 Talluborongna yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa Kelas IV yang berjumlah 26 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes prestasi belajar siswa, dan lembar observasi. Dari data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian yang dicapai setelah dianalisis yaitu: (1) pada siklus I pertemuan 1 diperoleh skor rata-rata prestasi belajar 52,03% dengan ketuntasan 34,61%, dan pertemuan 2 diperoleh skor rata-rata prestasi belajar 61,50% dengan ketuntasan 38,46%. (2) siklus II pertemuan 1 diperoleh skor rata-rata prestasi belajar 80,65% dengan ketuntasan 84,61%, dan pertemuan 2 diperoleh skor rata-rata prestasi belajar 89,62% dengan ketuntasan 92,30%. Dari hasil penelitian, secara umum dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Matematika Realistik dapat meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 110 Talluborongna pada penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ej

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Mathematics Other

Description

ELEMENTARY JOURNAL : JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Nama Jurnal Elementary Journal : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Frekwensi 2 Issue / Tahun DOI Prefix https://doi.org/10.47178/elementary P-ISSN 2622-0431 E-ISSN 2829-1611 Penerbit LP2M Universitas Kristen Indonesia Toraja Analisis ...