Masalah penelitian ini adalah rendahnya pencapaian kriteria ketuntasan hasil belajar permainan bola kasti siswa kelas V SD Negeri 012 Tandun dengan menerapkan metode demonstrasi. Maka diperlukan suatu penelitian dalam menerapkan suatu metode pembelajaran salah satunya penerapan metode latihan untuk meningkatkan hasil belajar permainan bola kasti siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan dua siklus penerapan metode latihan untuk meningkatkan hasil belajar permainan bola kasti siswa kelas V SD Negeri 012 Tandun yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembaran observasi mengajar guru dan sikap siswa mengikuti pembelajaran, rublik penilaian kemampuan permainan bola kasti siswa dan tes pengetahuan siswa dalam bentuk soal ujian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tingkat penilaian kolaborator terhadap kualitas pembelajaran meningkat dari 77.5% pada siklus I meningkat menjadi 86.25% pada siklus II, (2) Hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I sebesar 70.62 dan meningkat menjadi sebesar 80.16 pada siklus II, (3) Indikator ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 30% dan meningkat menjadi 75% pada siklus II. Disimpulkan, penerapan metode latihan dapat meningkatan hasil belajar permainan bola kasti siswa kelas V SD Negeri 012 Tandun.
Copyrights © 2020