Journal Ta'lim of Journal STKIP Aisyiyah Riau
Vol 8 No 2 (2020): JURNAL TA'LIM VOL.7 NO.2 DESEMBER 2020

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERMAINAN KASTI DENGAN METODE LATIHAN KELAS V SDN 012 TANDUN

Murni Ginting (STKIP ROKANIA)
Debby Indah (STKIP ROKANIA)
Hendri Mulyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya pencapaian kriteria ketuntasan hasil belajar permainan bola kasti siswa kelas V SD Negeri 012 Tandun dengan menerapkan metode demonstrasi. Maka diperlukan suatu penelitian dalam menerapkan suatu metode pembelajaran salah satunya penerapan metode latihan untuk meningkatkan hasil belajar permainan bola kasti siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menerapkan dua siklus penerapan metode latihan untuk meningkatkan hasil belajar permainan bola kasti siswa kelas V SD Negeri 012 Tandun yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian menggunakan lembaran observasi mengajar guru dan sikap siswa mengikuti pembelajaran, rublik penilaian kemampuan permainan bola kasti siswa dan tes pengetahuan siswa dalam bentuk soal ujian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tingkat penilaian kolaborator terhadap kualitas pembelajaran meningkat dari 77.5% pada siklus I meningkat menjadi 86.25% pada siklus II, (2) Hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus I sebesar 70.62 dan meningkat menjadi sebesar 80.16 pada siklus II, (3) Indikator ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 30% dan meningkat menjadi 75% pada siklus II. Disimpulkan, penerapan metode latihan dapat meningkatan hasil belajar permainan bola kasti siswa kelas V SD Negeri 012 Tandun.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

talim

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The talim Journal of Education and Teacher Training was published for the first time in the form of an E-Journal in June 2013 with issn 2302-5727 (printed) and e issn in the administration period. Journals are collected from lecturers from both inside and outside the Study Program of Education and ...