Journal Ta'lim of Journal STKIP Aisyiyah Riau
Vol 9 No 1 (2021): TA'LIM JOURNAL VOL IX NO.1 JUNE 2021

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CAK BUR

Dewi Pramita (Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan ‘Aisyiyah Riau)
Radhiyatul Fithri (Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan ‘Aisyiyah Riau)
Nopa Wilyanita (Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan ‘Aisyiyah Riau)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatan Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permaianan Tradisional Cak Bur di PAUD Kasih Bunda Minas Kecamatan Minas".Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan jumlah Subjek penelitian sebanyak 20 orang anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan Peningkatan aktivitas anak didik ini diikuti peningkatan kerjasama anak di PAUD Kasih Bunda Minas Kecamatan Minas. peningkatan kemampuan kerjasama pada anak di PAUD Kasih Bunda Minas Kecamatan Minas dari siklus I ke siklus II. pada siklus I memperoleh skor rata-rata 32,4 (40,5%) dengan kiteria mulai berkembang. Terjadi peningkatan peningkatan kemampuan kerjasama pada anak di PAUD Kasih Bunda Minas Kecamatan Minas pada siklus II dengan skor rata-rata 65,1 (81,4%) dengan kiteria berkembang sangat baik (BSB). Berdasarkan pembahasan kesimpulan diatas, peneliti mengajukan beberapa saran yaitu kepada guru Guru diharapkan dapat lebih mengenalkan kepada anak tentang warisan neneng moyang terdahulu mengenai permainan tradisional yang dimiliki oleh bangsa ini dengan demikian dapat juga melestarikan budaya Indonesia yang saat ini mulai terlupakan oleh zaman.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

talim

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The talim Journal of Education and Teacher Training was published for the first time in the form of an E-Journal in June 2013 with issn 2302-5727 (printed) and e issn in the administration period. Journals are collected from lecturers from both inside and outside the Study Program of Education and ...