Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE)
Vol 1, No 1 (2019): Oktober 2019

Pengaruh Model Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Lingkungan Sehat dan Lingkungan Tidak Sehat di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah

Jaelani, Aceng (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)
Khotimah, Khusnul (IAIN Syekh Nurjati Cirebon)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2019

Abstract

AbstrakMasalah utama proses pembelajaran pada pendidikan formal (sekolah) yaitu, masih rendahnya daya serap peserta didik. Masalah yang telah ditemukan yaitu pada hasil nilai rata-rata ulangan harian siswa kelas III pada mata pelajaran IPA rata-rata adalah 67 pada Semester I Tahun Ajaran 2016/2017. Guru sudah mencoba menggunakan metode kelompok, tetapi nilainya masih saja di bawah KKM. Hal ini juga tampak dari nilai rata- rata hasil belajar siswa yaitu hanya 67 sedangkan KKM yaitu 75.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh data tentang hasil belajar sebelum guru menggunakan model Picture and Picture MI An-Nur, untuk mengetahui hasil belajar siswa materi Lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat setelah guru menggunakan model Picture and Picture di MI An-Nur dan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Picture and Picture terhadap hasil belajar siswa pada materi lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di kelas III MI An-Nur.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Tes, Observasi dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian pengaruh model Picture and Picture  terhadap hasil belajar termasuk dalam kategori cukup baik dengan 0,612% atau 61,2%. Sedangkan uji hipotesis diperoleh thitung (5,633) lebih besar dari ttabel (2.04227) pada taraf signifikan α = 0,05 . Karena thitunglebihbesar dari ttabel   maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya bahwa ada pengaruh penerapan model Picture and Picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di kelas III MI An-Nur Kota Cirebon. Kata kunci  : Model Picture and Picture, Hasil Belajar IPA.  AbstractThe main problem in the learning process of formal education (schools), namely, the low absorption of learners. The problem that has been found that the results of the average value of daily test third-grade students in science subjects averaged 67 during the first semester Academic Year 2016/2017. Teachers already tried to use the group method, but its value is still below the KKM. It also appears from the average value of student learning outcomes is only 67 while the KKM is 75. The aim of this study is to obtain data on learning outcomes before the teacher uses a model Picture and Picture MI An-Nur, to determine student learning outcomes Environmental material healthy and unhealthy environment after the teacher using the model Picture and Picture in MI An-Nur and to determine the effect of the application of the Picture and Picture on student learning outcomes in a healthy environment materials and environmentally unsound in class III MIAn-Nur.Data collection techniques in this study using the test, observation and documentation. Data were analyzed using simple regresion test. With the effects of the model Picture and Picture  on learning outcomes included in the category quite well with 0.612% or 61.2%. While the hypothesis test obtained tarithmetic (5.633)is greater than ttable (2.04227) at significance level α = 0.05. Becauset isgreater than ttable    then Ha Haccepted ando rejected, it means that there is the effect of the application of the model Picture and Picture to the learning outcomes of students in science subjects and the healthy environmental material unhealthy environment in class III MI An-Nur Cirebon. Keywords: Model Picture and Picture, Science Learning Outcomes.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ijee

Publisher

Subject

Education Other

Description

Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) ini dimaksudkan untuk menyebarkan hasil-hasil penelitian dosen, penelitian skripsi mahasiswa S1, maupun kajian ilmiah yang memberi kontribusi pemahaman, pengembangan teori, dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan di tingkat sekolah ...