DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 1, No 2 (2018): DUNIA ANAK

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN LEGO UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI

Kartini Kartini (STKIP Meawi)
Indria Susilawati (STKIP Melawi)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kreativitas anak usia dini pada pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan media lego, (2) Pengaruh kreativitas antara kelompok anak yang diajarkan dengan media lego dan media konvensional di TK Global Melawi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group design. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui kreativitas anak. Teknik analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh kreativitas anak usia dini pada pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan media lego (Balok, (2) ada pengaruh yang signifikan mengenai kreativitas anak kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Prolehan mean kreativitas eksperimen lebih besar dari pada mean kelompok kontrol yaitu 37,00 > 31,17. Hasil uji-t dan posttest kemampuan kreativitas kelompok kontrol dan eksperimen menunjukkan bahwa nilai t-tabel dengan derajat bebas (df) 34 dengan taraf signifikansi α = 0,05 adalah sebesar 2,032. Nilai t-hitung 3,389 > t-tabel 2,032 dan nilai p-value 0.000 < taraf signifikansi 0,005Kata Kunci. : Pengaruh, Media Lego, Kreativitas

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini adalah jurnal yang menerima kontribusi tulisan/artikel yang berkaitan dengan studi-studi kependidikan, pengajaran dan evaluasi belajar di tingkat anak usia dini, baik laporan penelitian, maupun tinjauan buku yang belum pernah diterbitkan di media lain ...