DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 2, No 2 (2019): DUNIA ANAK

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION

Monika Rahel (Unknown)
Eliana Yunitha Seran (Unknown)
Sudarto sudarto (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2020

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan  model Group Investigation pada kelas VB SD Negeri 01 Sungai Ringin Kecamatan Sekadau Hilir tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Sungai Ringin Kecamatan Sekadau Hilir di kelas VB. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dan bentuk penelitian ini adalah tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi langsung, teknik observasi, teknik pengukuran dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data (1) Hasil  observasi aktivitas siswa pada siklus I rata-rata sebesar  53,28%. Pada siklus II  observasi siswa  sebesar 88,07%. Observasi guru pada siklus I memperoleh rata-rata sebesar 72,33%. Observasi guru pada siklus II  sebesar 92,89%. (2) Hasil belajar siswa dikelas VB yaitu pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 55,86%. Pada siklus II  rata-rata hasil belajar siswa mencapai 86,01%. (3) Respon siswa dilihat dari hasil wawancara dapat dikatakan sangat baik karena siswa dapat berinteraksi dengan baik, tertib saat proses pembelajaran, semangat dan terlihat senang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas VB SD Negeri 01 Sungai Ringin Kecamatan Sekadau Hilir tahun pelajaran 2019/2020Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Group Investigation

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

DUNIA ANAK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini adalah jurnal yang menerima kontribusi tulisan/artikel yang berkaitan dengan studi-studi kependidikan, pengajaran dan evaluasi belajar di tingkat anak usia dini, baik laporan penelitian, maupun tinjauan buku yang belum pernah diterbitkan di media lain ...