Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat
PROSIDING EDISI 10: SEMNAS 2020

PKM GURU PAMONG DAN MAHASISWA KKN PPL TERPADU MELALUI LOKAKARYA PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MERDEKA BELAJAR DALAM SITUASI PANDEMI COVID-19

Amiruddin Amiruddin (Universitas Negeri Makassar)
Muhammad Hasim S. (Universitas Negeri Makassar)
Andi Muhammad Irfan (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2020

Abstract

Abstrak: Pengembangan Perangkat Pembelajaran bagi Guru SMK berbasis Merdeka Belajar pada Guru Pamong dan Mahasiswa KKN PPL Terpadu. Subjek pengabdian yaitu para guru Pamong dan Mahasiswa KKN PPL Terpadu UNM di penempatan Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Banyak tantangan dalam pembelajaran pembelajaran terbaru diantaranya membuat perencanaan pembelajaran 1 lembar merupakan tahapan pertama yang diwujudkan dengan kegiatan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).  Setiap guru di setiap satuan pendidikan berkewajiban menyusun perangkat pembelajaran (Analisis SKL-KI dan KD, RPP, Bahan Ajar, LKPD, Media Pembelajaran dan Perangkat Penilaian). Fokus pengabdian adalah menyiapkan Guru Pamong dan Mahasiswa KKN PPL Terpadu yang mampu menjawab tantangan kompetensi Merdeka belajar memberikan arah baru Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang akan dikembangkan ke depan. Rencana kegiatan dan metode yang akan dilakukan dalam pengabdian ini adalah memberikan pemahaman kepada Guru Pamong dan Mahasiswa KKN PPL Terpadu Tahun Akademik 2020 - 2021 mengenai Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Merdeka Belajar dalam Situasi Pandemi Covid-19 di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dalam bentuk Lokakarya. Selain itu, diadakan pula pendampingan untuk memastikan keberlangsungan implementasi Pengembangan Perangkat Pembelajaran dalam pembelajaran di sekolah.Kata kunci:  Program PKM, Perangkat Pembelajaran, Merdeka Belajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

semnaslpm

Publisher

Subject

Chemistry

Description

Seluruh artikel dalam Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian tahun 2019 bukan merupakan opini dan pemikiran dari ...