Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana upaya Rumah Kreatif BUMN Telkom Kabupaten Malang dalam memberdayakan UMKM Kabupaten Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, peneliti menggunakan jenis penelitian evaluasi karena ingin melihat bagaimana capaian dari program Rumah Kreatif BUMN Telkom Kabupaten Malang dalam memberdayakan UMKM. Penentuan subyek penelitian peneliti menggunakan purposive antara lain pengurus Rumah Kreatif BUMN Telkom dan Pelaku UMKM yang mengikuti Program Rumah Kreatif BUMN tersebut. sedangkan teori pada menggunakan teori Fungsionalis Struktural dari Talcott Parsons. Hasil dari penelitian ini adalah upaya yang dilakukan oleh Rumah Kreatif BUMN Telkom dalam mengembangkan usahanya adalah kegiatan berupa kurikulum yang telah dirancang dari Rumah Kreatif BUMN untuk membantu pelaku UMKM. Kurikulum tersebut adalah Go Modern yakni pelatihan-pelatihan dari segi produk, Go Digital yakni pelatihan penggunaan fitur-fitur digital atau digitalisasi dalam menjalankan usahanya, dan Go Online yakni pelatihan pengembangan usaha secara online seperti halnya membuka lapak usaha di MarketPlace.
Copyrights © 2022