Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol 9, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

Pengembangan Flipbook Interaktif untuk siswa kelas 5 sekolah dasar pada materi siklus air

Adhe Putri Mursidi (Unknown)
Irfan Wahyu Prananto (Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Unversitas Negeri Yogyakarta)
Fadhila Arifani (Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Unversitas Negeri Yogyakarta)
Risha Setyawati (Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Unversitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Pendidikan di abad 21 mengharuskan guru untuk dapat menguasai berbagai keterampilan sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (ITC). Namun pada realitanya, masih minimnya penggunaan media yang bervariasi bagi siswa. sehingga menyebabkan menurunnya hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan uraian permasalahan tersebut, peneliti memiliki gagasan solutif berupa media flipbook interaktif yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Research and Development (R&D). Adapun model prosedural yang digunakan adalah 4D (four-D) yang dikemukakan oleh Thiagarajan, terdiri dari empat tahap yang meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan dissemination (penyebaran). Namun penelitian ini tidak sampai pada tahap penyebaran. Pengembangan media flipbook interaktifmemiliki nilai skor akhir dari ahli media sebesar 4,68 dan dari ahli materi memperoleh skor akhir sebesar 4,6 dengan kategori sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran kelas V di Sekolah Dasar. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar merupakan jurnal nasional yang mempublikasikan manuskrip dalam ranah pendidikan, pengelolaan, dan pembelajaran di sekolah dasar (lebih lengkapnya dapat dilihat pada Focus and Scope). Dipublikasikan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu ...