Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 6, No 4 (2021): NOVEMBER 2021

PENERAPAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP AKTIVITAS PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK PADA TEMA 9 SUBTEMA 3 DI KELAS V SD NEGERI 33 BANDA ACEH

Suci Auda Safira (Unknown)
Mislinawati Mislinawati. (Unknown)
Nurhaidah Nurhaidah. (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Numbered  Heads  Together  Terhadap Aktivitas Pembelajaran Peserta Didik Pada Tema 9 Subtema 3 di Kelas V SD Negeri 33 Banda Aceh”. Rumusan masalah : Bagaimana penerapan model Numbered Heads Together terhadap aktivitas pembelajaran peserta didik pada tema 9 subtema 3 di kelas V SD Negeri 33 Banda Aceh?. Pokok penelitian ini : menggambarkan penerapan model Numbered Heads Together pada aktivitas pembelajaran di tema 9 subtema 3.Jenis penelitian  yaitu deskriptif  pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas V yang berjumlah 33 orang. Teknik mengumpulkan data penelitian ini:pengamatan dan wawancara. Data pengamatan dianalisis melalui  presentase dan data wawancara menggunakan  analisis kualitatif dengan penurunan informasi, tampilan informasi, dan akhir.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Heads Together Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Pada Tema 9 Subtema 3 di Kelas V SD Negeri 33 Banda Aceh telah berjalan dengan sangat baik. Hal ini terlihat dari estimasi tindakan pendidik mencapai 95% khususnya tindakan kelas sangat baik dan siswa mencapai 92,5% klasifikasi sangat baik.

Copyrights © 2021