Indonesian Journal of Instruction
Vol. 2 No. 3 (2021): September 2021

Dampak Positif Penggunaan Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD

Salamah (Unknown)
Gading, I Ketut (Unknown)
Bayu, Gede Wira (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa SD. Rancangan penelitian eksperimen yang digunakan untuk penelitian ini adalah pra eksperimental dengan desain one shot case study. Populasi penelitian berjumlah 126 siswa. Sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 20 siswa yang diambil dengan cara undian. Masing-masing kelas IV di tiap sekolah dasar diberi nomor urut. Dari lima sekolah dasar, dilakukan satu kali pengundian untuk menentukan partisipan. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik inferensial (Uji T Bruning). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa SD didapat nilai t sebesar 16.968 (nilai signifikansi= 0.000). Berdasarakan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa SD. Implikasi penelitian ini dapat digunakan sebagai saran untuk siswa, guru, kepala sekolah, hingga peneliti lain terutama yang berkaitan dengan model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan peta pikiran terhadap hasil belajar IPA siswa SD. Melalui model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan peta pikiran memberikan kesempatan kepada semua siswa untuk melibatkan semua indera yang dimilikinya dan meningkatkan kemampuan otak kanan dan kiri siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IJI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Indonesian Journal of Instruction (IJI) is an internationally recognized journal in the field of education and is published four times a year (in January, mei september). The aim of this journal is to publish high quality studies in the areas of instruction, learning, teaching, curriculum ...