Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 1 No. 3: October 2018

PERBEDAAN INTENSITAS TERKENA BULLYING DILIHAT DARI TIPE KEPRIBADIAN EKSTROVERT DAN INTROVERT

Wahyu Rizky Wibowo (Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling, FKIP, Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia)
Yari Dwikurnaningsih (Unknown)
setyorini setyorini (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Kristen 01 Salatiga dengan jumlah sampel 158 orang siswa, untuk mengetahui signifikansi perbedaan tipe kepribadian Ekstrovert dan Introvert di dalam frekuensi terkena Bullying, sampel diambil dengan metode Proportionate Stratified Random Sampling. Alat ukur yang digunakan adalah angket. Dari hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa  terdapat 84 orang siswa tergolong dalam tipe kepribadian ekstrovert dan  74 orang siswa tergolong dalam tipe kepribadian introvert, dalam intensitas terkena bullying siswa Sma Kristen 01 Salatiga mendapatkan hasil siswa dengan intensitas terkena bullying disekolah paling banyak berada pada kategori  Sedang dengan jumlah sebanyak  67 orang siswa (42,5%), disusul pada kategori Rendah dengan jumlah siswa sebanyak 54 orang siswa (34,0%), pada kategori Sangat Rendahsebanyak 20 orang siswa (12,7%) pada kategori Sering sebanyak 11 orang siswa (7%), dan pada kategori Sangat Sering sebanyak 6 orang siswa (3.8 %). Hasil analisis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai uji (nilai t hitung) sebesar-7,54 dengan signifikansi pada pengujian satu sisi sebesar 0,452,nilai signifikansi tersebut <α (0,05). Berdasarkan hasil uji ini, berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari rata-rata data yang diuji, atau dengan perkataan lain bahwa kedua data yang duji menunjukkan perbedaan yang signifikan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...